Aplikasi Komputer Untuk Otomatisasi Perkantoran
PENDAHULUAN
- OtomatisasiKantormerupakansebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.
- Asal mula otomatisasi kantor diawal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word processing untuk menjelaskan kegiatan divisi mesin tik listriknya.
- Buktinyata, padatahun1964, IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/SelectricTypewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
OTOMATISASI
PERKANTORAN
A. Pengertian
Otomatisasi Perkantoran
Otomatisasi Perkantoran adalah
semua sistem informasi formal dan informal terutama yang berkaitandengan
komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berbeda didalam maupun di luar
perusahaan.Dengan kata lain otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana
untuk menggabungkan teknologitinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan
pekerjaan.Asal mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM
menciptakan istilah word-processinguntuk menjelaskan kegiatan devisi mesin TIK
listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBMmemasarkan mesin yang
disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yangdapat
mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.Kata "Otomatisasi"
ini sendiri memiliki pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas
fisikyang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi kantor biasanya dikenal
dengan istilah OfficeAutomation atau OA.Read More
B. Tujuan
Otomatisasi Perkantoran
OA
atau Office Automation bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja
melalui:
1. Meminimalkan/Penghindaran Biaya,
Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputermenunda penambahan
pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
2. Pemecahan Masalah Kelompok,
Otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajeruntuk saling
melakukan komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah.
3. Pelengkap Bukan Pengganti, OA tidak
akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional- percakapan tatap
muka, percakapan telepon, peasn tertulis pada memo, dan sejenisnya.
4. Penggabungan dan Penerapan
Teknologi, misalnya antara telepon,komputer, jaringan internet,satelit, dll.
5. Memperbarui Proses Pelaksanaan
Pekerjaan di Kantor, Produk OA atau office Automationmemungkinkan para pekerja
kantor ini memproses lebih banyak dokumen secara lebih cepat dan lebih baik.
C. Jenis-Jenis
Aplikasi Otomatisasi Perkantoran.
Aplikasi otomatisasi kantor
yang telah diketahui, yaitu:
1.
WORD PROCESSING
Word Processing adalah penggunaan
suatu peralatan elektronik yang secara otomatis melakukan beberapa tugas yang
diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.
2.
ELECTRONIC MAIL
Electronic Mail yang dikenal dengan e-mail
adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkanpemakai untuk mengirim,
menyimpan, dan menerima pesan dengan menggunakan terminal komputerdan peralatan
penyimpanan.
3.
VOICE MAIL
Voice Mail sama persis dengan
electronic mail. perbedaan nya bahwa anda hanya mengirimkan pesandengan
mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya.
4.
ELECTRONIC CALENDARING
Electronic Calendaring adalah
penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acarayang telah
ditetapkan oleh manajer.
5.
AUDIO CONFERENCING
Audio Conferencing adalah penggunaan
peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audiodiantara orang-orang
yang tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan konferensi.
6.
VIDEO CONFERENCING
Video Conferencing melengkapi signal
audio dan signal video. pralatan televisi digunakan untukmengirim dan menerima
signal audio dan video.
7.
COMPUTER CONFERENCING
Computer Conferencing adalah
penggunaan jaringan komputer, sehingga meemberi kemampuanseseorang untuk
melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya konferensi.
8.
FACSIMILE TRANSMISSION
Facsimile Transmission yang biasanya
disebut Fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang dapatmembaca tampilan
dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat salinan atau copy di ujung yang
lain.
9.
VIDEO TEXT
Video Text adalah penggunaan komputer
untuk tujuan memberikan tampilan mmateri tekstual padalayar crt.
10.
IMAGE STORE AND RETRIEVAL
Image Store and Retrieval digunakan
dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihatkembali dokumen
historis untuk tujuan pemahaman masalah.
11.
DESKTOP PUBLISHING
Desktop Publishing atau DTP adalah
pembuatan output tercetak yang kualitasnya hampir sama denganyang dihasilkan
oleh typesetter. Penggunaan Desktop Publishing sebagai alat pemecahan
masalahmeliputi aplikasi administrasi dan teknis.
D. Empat
Kategori Pemakai Otomatisasi Kantor
Agar suatu sistem atau
aplikasi dapat berjalan dan dapat dinilai apakah sistem itu bagus atau
tidak,maka diperlukan namanya pemakai. ia yang akan menilai, merancang, dan
mengembangkan sehinggasuatu sistem dapat berjalan. Pengguna Otomatisasi Kantor
yang ada dalam suatu sistem Informasiadalah:
1.
Manajer
Adalah seorang yang bertanggung jawab
mengelola sumber daya perusahaan terutamasumber daya manusia.
2.
Profesional
Yakni tidak mengelola orang tetapi
menyumbang keahlian khususnya (misalnya, pembeli,Wiraniaga, dan Asisten Staff
Khusus). Manajer dan Profesional secara bersama deikenal sebagai pekerja terdidik.
3.
Sekretaris
Biasanya ditugaskan pada pekerja
terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugasmenangani korespondensi,
menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4. Clerical Employee
(Pegawai Administratif)
Melaksanakan tugas untuk tuga untuk sekretaris, sepertimengoperasikan
mesin fotocopy, menyusun dokumen, dan mengirimkan surat.
Otomatisasi perkantoran mencakup semua system elektronik formal dan informal yang terutama berkaiatan dengan komunikasi informal dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan. Sistem Elektronik Formal dimaksudkan sebagai kegiatan perkantoran yang dokumentasiakan dengan suatu prosedur tertulis. semua perusahaan menerapakan system formal untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Misalnya untuk pengelolaan informasi yang didistribusikan ke manajer berupa laporan-laporan periodik maupun laporan khusus.Sistem Elektronik informal berarti system perkantoran yang tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri. Misalnya melakukan konsultasi atau diskusi dengan pengambil keputusan lainnya. System informal dalam otomatisasi perkantoran menjadikan ciri tersendiri dalam penggunaan komputer dalam perusahaan, Karena otomatisasi perkantoran dimaksudkan untuk memudahkan jenis komunikasi. Otomatisasi perkantoran tidak hanya melayani orang-orang didalam perusahaan, akan tetapi juga dengan orang lain di lingkungan perusahaan.
Otomatisasi perkantoran mencakup semua system elektronik formal dan informal yang terutama berkaiatan dengan komunikasi informal dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan. Sistem Elektronik Formal dimaksudkan sebagai kegiatan perkantoran yang dokumentasiakan dengan suatu prosedur tertulis. semua perusahaan menerapakan system formal untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Misalnya untuk pengelolaan informasi yang didistribusikan ke manajer berupa laporan-laporan periodik maupun laporan khusus.Sistem Elektronik informal berarti system perkantoran yang tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri. Misalnya melakukan konsultasi atau diskusi dengan pengambil keputusan lainnya. System informal dalam otomatisasi perkantoran menjadikan ciri tersendiri dalam penggunaan komputer dalam perusahaan, Karena otomatisasi perkantoran dimaksudkan untuk memudahkan jenis komunikasi. Otomatisasi perkantoran tidak hanya melayani orang-orang didalam perusahaan, akan tetapi juga dengan orang lain di lingkungan perusahaan.
Dalam gambar model
Otomatisasi perkantoran di atas
tidak terjadi aliran data
tetapi hanya ada aliran komunikasi dan
informasi. Pengertian data sendiri adalah
penggambaran dari segala sesuatu dari sebuah kenyataan maupun kejadian. Melalui
proses pengolahan data, sebuah data menjadi lebih bermanfaat
bagi penggunanya dan disebut sebagai informasi. Pengertian komunikasi adalah
adanya saling tukar menukar
informasi antara dua obyek atau lebih.
E. Manfaat Otomatisasi Kantor
Otomatisasi perkantoran merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi. Mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tanganmanusia secara minimal. Dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murahdigunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada akhirnya dapat meletakan landasan yang kuat untukintegrasi informasi sehingga perusahaan mampu berkompetisi dengan baik.
F. Konsep-konsep Otomatisasi Kantor
Proses yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi. Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu. Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi. Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik. Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
E. Manfaat Otomatisasi Kantor
Otomatisasi perkantoran merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi. Mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tanganmanusia secara minimal. Dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murahdigunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada akhirnya dapat meletakan landasan yang kuat untukintegrasi informasi sehingga perusahaan mampu berkompetisi dengan baik.
F. Konsep-konsep Otomatisasi Kantor
Proses yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi. Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu. Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi. Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik. Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
Keterangan
Gambar
Karena OA tidak memiliki mengelola data, penggunaan database dibatasi
pada isi informasi. Informasi dikumpulkan dari sistem fisik perusahaan (SIA
menggumpulkan datanya). Informasi juga disediakan oleh lingkungan. Informasi
berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis komputer seperti pengolah
kata, e-mail, dan konferensi komputer. Pemecah masalah lain berada
ditengah-tengah garis yg memisahkan perusahaan dengan lingkungan. Ini berarti
bahwa orang-orang itu mungkin berada di kedua area tersebut. Model tsb. Juga
mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis non-komputer seerti konferensi
video dan audio.
Comments
Post a Comment